Seputar Faedah Ramadhan

Di posting oleh Abang pada 11:14 AM, 07-Aug-10

Di: Hikmah Ramadhan

* MAKNA SHIYAM

Secara bahasa, shiyam berarti menahan dan tenang, lawan kata dari bergerak. Sedangkan puasa yang artinya menahan diri dari syahwat. Hal ini mencakup perbuatan dan ucapan
Adapun secara syara, Shiyam adalah menahan diri dari makam, minum, berhubungan dengan istri, dan sebagainya, termasuk menahan diri dari perbuatan dholim, ucapan kotor dan lain-lain.

* Do'a Berpuasa

Adakah doa khusus ketika masuk bulan Ramadhan? Yang ada hanyalah doa umum untuk seluruh bulan
adapun Rasulluh SAW berdoa ketika melihat hilal, baik hilal Ramadhan ataupun bulan-bulan yang lain adalah
"Ya ALLAH terbitkanlah dan tampakkanlah hilal itu kepada kami diiringi dengan keberkahan dan keimanan serta keselamatan dan keislman. Jadikanlah dia hilal kebaikan dan petunjuk Tuhanku dan tuhanmu adalah ALLAH (lihat majalah Fatawa vol 10/th.1/1424H-2003M hal 10)

* NIAT

Berpuasa tanpa niat sebelumnya pada permulaan puasa, apkah niat merupakan syarat puasa yang harus dilakukan setiap hari? Ataukah cukup dengan hanya berniat pada awal Ramadhan?
- puasa dan amal-amal ibadah lainnya harus dikerjakan dengan niat
"sesungguhnya amal-amal ibadah itu bergantung pada niat itu, setiap orang akan mendapat ganjaran berdasarkan apa yang dia niatkan"

puasa Ramadhan wajib dilakukan dengan berniat malam harinya, "seseorang tidaklah dituntut melafalkan niatnya dengan berucap (seperti Aku berniat puasa hari ini) karena yang seperti ini adalah perbuatan yang tak ada petunjuknya dari NABI SAW."
(Fatawa vol 10/th.1/2003M hal 11)
*Niat tempatnya dihati bukan di untuk diucapkan

* Setan di Belenggu

"Apabila Ramadhan telah tiba, maka dibuka pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka, dan setan dibelenggu" (HR. Muslim)
maksud hadits ini bahwa setan tidak bebas pada bulan Ramadhan dalam mengganggu manusia sebebas dibulan yang lain, karena umat Islam disibukkan dengan puasa membaca Al quran dan ibadah-ibadah yang lain (Al-Hafidh al-Baihaqi dalam kitab Fadlo'il Auqot hal 37)

selenkapnya baca
http://islamic-center.mywapblog.com/hikmah-fadhilah-keutamaan-shaum.xhtml

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

Belum ada komentar. Tulislah komentar pertama!

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar